INSTITUT AGAMA
ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH
PROGRAM
SARJANA (S1) JURUSAN PAI
PONDOK
PESANTREN SURYALAYA – TASIKMALAYA
TAHUN
AKADEMIK 2012
_______________________________________
UJIAN
AKHIR SEMESTER GENAP
TAKE
HOME
Mata Kuliah :
I S B D
Program Studi :
P A I
Tingkat :
I (Satu)
Semester :
II (Dua)
Jenjang :
S-1
Waktu Penyerahan :
Jam 09.00 Hari Rabu
Dosen :
Drs. Toto Zaenal kholis, MSI
________________________________________________________________________
PETUNJUK :
Kerjakanlah soal di bawah ini
dengan jelas, tegas dan singkat !
Pakai Cover, Shop Foto, Nama,
Kelas, Nim, No Hp.
Jawaban di Tik Font 12 Time
New Roman kertas Kwarto.
1. Dalam
setiap kebudayaan selalu terdapat ilmu pengetahuan atau sains dan teknologi,
yang digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan
beserta isinya, serta digunakan sebagai alat untuk mengeksploitasi, mengolah
dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusia. Sains dan tekhnologi dapat berkembang melalui
kreativitas penemuan (discovery), penciptaan (invention), melalui berbagai
bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan nyata IPTEK bagi manusia sangat
tergantung dari nilai, moral, norma dan hukum yang mendasarinya. IPTEK tanpa
nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEK mencermikan keterbelakangan.
1.
Bagaimana Posisi Manusia dalam Ipteks
2.
Apa manfaat Ipteks bagi kehidupan manusia
3.
Kemukakkan oleh Anda Manusia sebagai Subjek dan objek Ipteks
4.
Bagaimana Dampak Ipteks terhadap kebudayaan dan peradaban manusia
5.
Apa Pengaruh Ipteks dalam bidang pertahanan, lingkungan, meningkatkan
kesejahteraan manusia
6. Bagaimna dampak dari penyalahgunan
Ipteks bagi manusia.
2. Proses pembudayaan antara lain melalui internalisasi,
sosialisasi, enkulturasi, difusi, akulturasi dan asimilasi.
Kemukakan oleh Anda perihal tersebut di atas gagasan
dan fakto-faktor serta pendapat para ahli.
3. Kebudayaan Berasal Dari Kata
Sansekerta “BUDDHAYAH “ , yang merupakan bentuk jamak dari kata “BUDDHI” yang
berarti budi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai
“hal-hal yang bersangkutan dengan budhi atau akal”Culture, merupakan istilah
bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata latin
“colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan (Mengolah tanah atau bertani).
Dari asal arti tersebut yaitu “colere” kemudian “culture” diartikan sebagai
segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam.
Coba
Anda kemukakan beberapa pendapat para Ahli diantaranya :
a. Menurut E.B. Tylor
b. Menurut R. Linton
c. Menurut Melville J. Herskovits
d. Menurut Dawson (Age of The Gods)
e. Menurut J.V.H. Deryvendak
f. Menurut Prof Dr. Koentjaraningrat
g. Menurut Menurut Ki Hajar Dewantara
h. Menurut Sultan Takdir Alisyahbana
i.
Menurut Dr. Moh. Hatta
j.
Menurut Mangunsarkoro
k. Menurut Drs. Sidi Gazalba
l.
Menurut Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi
Kemudian dari beberapa uraian para pendapat tersebut
di atas coba Anda tarik beberapa
kesimpulannya !
SELAMAT BEKERJA
INSTITUT AGAMA
ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH
PROGRAM
SARJANA (S1) JURUSAN PGSD/MI
PONDOK
PESANTREN SURYALAYA – TASIKMALAYA
TAHUN
AKADEMIK 2012
_______________________________________
UJIAN
AKHIR SEMESTER GENAP
TAKE
HOME
Mata Kuliah :
PEMBELAJARAN IPS SD
Program Studi :
PGSD/MI
Tingkat :
III (Tiga)
Semester :
II (Dua)
Kelas :
A, B, C
Jenjang :
S-1
Waktu Penyerahan :
Jam 09.00 Hari Rabu
Dosen :
Drs. Toto Zaenal kholis, MSI
________________________________________________________________________
PETUNJUK :
Kerjakanlah soal di bawah ini
dengan jelas, tegas dan singkat !
Pakai Cover, Shop Foto, Nama,
Kelas, Nim, No Hp.
Jawaban di Tik Font 12 Time
New Roman kertas Kwarto.
1. Kemukakan
dua macam model yang anda ketahui dan telaah dimana letk kelemahan dan
keunggulannya, coba Anda kemukakan.
2. Model Simulasi Sosial, buatkan Langkah penerapannya sebagai berikut di bawah ini :
a. Silakan Anda memilih tofik simulasinya,
b. menyusun sknario simulasi,
c. mengujicobakan prosedur simulasi,
d. melaksanakan simulasi,
e. Kemukakan
hasil dari pada debriefing.
3.
Coba Anda senyebutkan pengertian, lingkup,
fungsi dan tujuan penilaian dalam pembelajaran IPS MI.
4.
Menjelaskan jenis-jenis dan pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran IPS MI
5. Menjelaskan prinsip dan prosedur penilaian dalam pembelajaran IPS
6.
Merinci kualitas penilaian dalam pembelajaran IPS MI.
7.
mengurutkan langkah-langkah penyusunan kisi-kisi penilaian
8.
Menganalisis kelemahan dan keunggulan dari masing-masing jenis
penilaian
SELAMAT BEKERJA
INSTITUT AGAMA
ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH
PROGRAM
SARJANA (S1) JURUSAN PGSD/MI
PONDOK
PESANTREN SURYALAYA – TASIKMALAYA
TAHUN
AKADEMIK 2012
_______________________________________
UJIAN
AKHIR SEMESTER GENAP
TAKE HOME
Mata Kuliah :
Presfektif Sosial Budaya
Program Studi :
PGSD/MI
K e l a s :
Konsentrasi
Semester :
VI (Enam)
Jenjang :
S-1
Waktu
Penyerahan : Hari Rabu
09.30
Dosen :
Drs. Toto Zaenal kholis, MSI
________________________________________________________________________
PETUNJUK :
Kerjakanlah soal di bawah ini
dengan jelas, tegas dan singkat !
Pakai Cover, Shop Foto, Nama,
Kelas, Nim, No Hp.
Jawaban di Tik Font 12 Time
New Roman kertas Kwarto.
1. Kemukakan
oleh Anda apa yang dimaksud dengan sistem sosial dan sistem budaya serta hasil
karya, rasa dan cipta kemudian nilai
budaya dan tata laku manusia Indonesia !
2. Kemukakan
oleh Anda Apa yang dimaksud dengan Pluralisme Bangsa Indonesia dan berikan
contohnya !
3. Dalam
dunia pendidikan kita mengenal adanya life skill tentang lifelong learning coba Anda jelaskan
dan berikan contohnya ?
4. Coba
Anda kemukan tentang sistem kekerabatan dan garis keturunan yang di anut oleh
bangsa Indonesia berikan contoh bagi keluarga Anda sendiri.
5. Kemukakan
oleh Anda kenapa di Indonesia terjadi konflik antara Suku Dayak dan Madura, apa
yang jadi penyebabnya dan bagaimana mengatasi konflik tersebut !
SELAMAT BEKERJA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar