Sabtu, 26 November 2011

SOAL UTS IPS 1 PGSD


INSTITUT  AGAMA  ISLAM  LATIFAH  MUBAROKIYAH
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM  SARJANA (S1) JURUSAN PGSD/MI
PONDOK PESANTREN SURYALAYA - TASIKMALAYA
­­­­­­­­­­­_______________________________________
TAKE HOME
UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER GANJIL 2010-2011

            Mata Kuliah                            : IPS I
            Program Studi                         : PGSD/MI
            Jenjang                                    : S-1
            Kelas                                       : A, B, C, D.
            Dosen                                      : Drs. Toto Zaenal kholis, MSI
________________________________________________________________________

PETUNJUK

1.      Soal ini terdiri atas Pernyataan (A) dan Pertanyaan (B). Pernyataan berkenaan dengan pokok permasalahan tentang Pengetahuan Ilmu Sosial atau Social Studies dan Ilmu-ilmu Sosial atau Social Sciences, pertanyaan berkaitan dengan pernyataan.
2.      Jawaban harus disertai dengan referensi dan daftar referensi harus dicantumkan di bagian belakang.
3.      Penulisan daftar literatur dan kutipan berdasarkan pedoman penulisan karya ilmiah IAILM.
4.      Jawaban harus dikerjakan sendiri-sendiri Redaksi tidak boleh sama.
5.      Di ketik dengan Time New Roman Font 12 dengan dua spasi dan pakai Cover : ada  Nama, dan Nim serta Klas.
6.      Jawaban  di Kirim Via email : totozaenalkholis@gmail.com print out dikumpul ke kosma sesuai jadwal.
7.      Jawaban harus diserahkan pada hari selasa jam 08.00 WIB    dengan mengisi tanda tangan pada daftar hadir UTS yang di kolektif oleh Kosma bagi yang tidak mengumpulkan pada waktunya dianggap tidak mengikuti UTS.
SELAMAT BEKERJA

A.   Pernyataan
Rumusan tentang pengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para ahli IPS atau social studies. Di sekolah-sekolah Amerika pengajaran IPS dikenal dengan social studies. Jadi, istilah IPS merupakan terjemahan social studies. Dengan demikian IPS dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

B.   Pertanyaan
1.       Berikan penjelasan mengenai apa yang dimaksudkan oleh pernyataan di atas bahwa  pendidikan IPS itu harus mengembangkan penelaahan atau kajian tentang masyarakat yang dikaitkan dengan pembelajaran dan apa pula manfaatnya.
2.       Mengapa Social Studies atau IPS itu dikatakan Terpadu, Fusi, Integreted terjadi penggabungan dari Social Sciences atau Ilmu-ilmu sosial ?
3.       Apa yang Anda ketahui tentang Fakta, Konsep, Generalisasi dan Teori serta Hukum dalam Ilmu Pengetahuan Sosial atau Social Studies dan kemudian sedikit uraikan bagaimana History dari pada Siocial Studies itu sendiri dan tolong berikan contohnya !.
4.       Mengapa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Social Studies antara Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah berbeda bagaimana aktualisasinya dalam proses pembelajaran, coba Anda kemukakan menurut pandangan Anda masing-masing.
5.       Coba Anda kemukakan beberapa model pendekatan dalam IPS sebagai berikut di bawah ini :
1.   menyebutkan jenis pendekatan dalam IPS,
2.   menjelaskan pengertian pendekatan monodisiplin dalam IPS,
3.   menjelaskan pengertian pendekatan multi dan interdisiplin dalam IPS,
4.   menjelaskan pengertian pendekatan lingkungan meluas dalam IPS,
5.   menjelaskan pengertian pendekatan situasi kehidupan dalam IPS, dan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar