Minggu, 20 November 2011

UTS PKN DAN PANCASILA

SOAL INI ANDA JAWAB DENGAN BAIK, SINGKAT DAN JELAS.
JAWABAN TIDAK BOLEH SAMA, DIKETIK DENGAN FONT TIME NEW ROMAN 12, SHOFNYA DI   KIRIM KE email : totozaenalkholis@gmail.com HARI RABU TANGGAL 23  NOV 2011, KEMUDIAN DI PRINT OUT DAN HASILNYA  DIKUMPULKAN KE PANITIA PADA HARI KAMIS 24 NOV 2011 PADA JAM 07.30 DI KAMPUS.

SOAL
1.  Pendidikan Kewarganegaraan yang kita kenal sekarang telah mengalami perjalanan panjang dan melalui kajian kritis sejak tahun 1960-an yang di kenal dengan Mata Pelajaran Civic  dan merupakan embrio dari “Civic Education“ sebagai “The Body Of Knowledge“. Pendidikan Kewarganegaraan yang sangat penting ini,   akan menjadi suatu landasan bagi mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia yang baik. Sebagai mata kuliah yang memiliki misi yang sama dalam “membentuk kepribadian dan karakter bangsa”.
a.  Coba Anda jelaskan apa keterkaitan antara Mk.PKn dengan Mk.Agama dan Mk.Pendidikan Pancasila ?
b.    Apapula manfaatnya pendidikan Pancasila dan PKN bagi diri mahasiswa ?
c.    Kemukakan pula oleh Anda mengapa Pendidikan Pancasila dan PKN  diharapkan bisa membentuk para mahasiswa berkepribadian dan berkarakter bangsa !
2. Coba Anda kemukakan  :
     a. secara historis   lahirnya Pancasila dan para tokoh yang terlibat di dalamnya 
         kemudian dalam peristiwa apa ?
     b. Kemukakan perbedaan Pancasila yang ada dalam piagam Jakarta dan Pancasla yang ada  sekarang ?
     c. Sebelum Indonesia merdeka Rakyat Indonesia timur menolak akan memisahkan diri dari Indonesia. Mengapa, coba Anda kemukan alasannya ?
     d. Dimanakah Pancasila yang syah dan resmi itu berada, coba Anda jelaskan ?
3. Setelah adanya peristiwa demontrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa pada tahun 1998 maka terjadilah Reformasi dengan turun keprabonya pak Suharto pada tanggal 21 Mei 1998.
    a. Coba Anda kemukakan apa saja  yang menjadi tuntutan reformasi secara gamblang ?
    b. Terjadi pula Amandemen UUD 1945 secara Adendum oleh MPR, coba Anda jelaskan !
    c. Coba Anda jelaskan berapa kali tahapan amandemen tersebut dilaksanakan secara rinci, dan didalamnya terjadi perubahan lembaga-lembaga negara, coba bandingkan lembaga-lembaga tersebut yang dulu dan yang sekarang dan komentari oleh Anda !
    d. UUD 1945 sebelum diamandemen sering terjadi multitafsir yang dilalukan oleh pemerintah, coba Anda kemukakan mengapa  hal tersebut terjadi ?
    e.  Konstutusi (UUD) yang telah berlaku di Indonesia ada berapa ? Coba Anda Uraikan ?    
4. Negara/state ~ status, stratum (B. Latin): sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tegak dan tetap. Coba Anda Kemukakan :
    a. Terminologi negara, dan kemukakan pendapat beberapa tokoh serta tujuan dari pada negara ?
    b. Teori kontrak sosial dan para penganutnya ?
    c.  Bentuk negara konfederasi, kesatuan dan federal ?
    d. Pemerintahan sistem parlementer dan presidensiil ?
5. Terciptanya masyarakat madani (civil society) yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia ditandai oleh sikap dan prilaku dari masyarakat  yang demokratis.
    a. Cona Anda kemukakan pengertian demokrasi secara etimologis ?
    b. Demokrasi dapat diterjemahkan government or rule by the  people  atau menurut Abraham Lincoln, “the government from the people, by the people and for the people” coba Anda berikan pengertiann dan penjelasan !
    c.  Demokrasi yang pernah ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Demokrasi Liberal. Terpimpin dan Demokrasi Pancasila, coba Anda berikan  sedikit ulasan ketiganya! 
     d. Bagaimana menurut Anda sudah Demokratiskah Negara Indonesia ?

1 komentar: